Penilaian awal
Penting sekali untuk secara seksama menilai apakah usaha Anda memiliki sumber daya dan komitmen untuk melakukan ekspor karena hal tersebut dapat menjadi kegiatan yang membutuhkan banyak sumber daya dan waktu, khususnya pada tahap awal di mana Anda perlu menilai pasar-pasar internasional yang potensial, mencari pembeli dan memenuhi berbagai persyaratan yang terkait dengan ekspor kopi dari lokasi Anda.
Suatu usaha yang siap untuk melakukan ekspor memerlukan kapasitas, sumber daya dan manajemen untuk mengirimkan produk yang layak untuk dipasarkan ke pasar di luar negeri dengan harga yang bersaing.
Berikut ini adalah daftar pertanyaan untuk membantu Anda dalam mengidentifikasi semua aspek yang harus dipertimbangkan dalam menilai kesiapan usaha Anda untuk melakukan ekspor:
Umum
1. Apakah produk yang hendak Anda ekspor telah tersedia?
2. Apakah Anda memiliki surplus kapasitas produksi atau apakah Anda dapat memenuhi peningkatan permintaan atas produk Anda?
3. Apakah Anda memiliki sumber daya yang memadai untuk memenuhi kebutuhan di pasar sasaran dan untuk mempromosikannya?
Tentang Anda
4. Apakah staf Anda berkomitmen dan dapat melakukan upaya-upaya yang diperlukan untuk mencari pasar internasional untuk produk Anda? Apakah Anda memiliki sumber daya manusia yang memadai dan layak?
5. Apakah Anda dapat memenuhi tenggat waktu?
6. Apakah staf Anda dapat berbahasa Inggris?
7. Apakah Anda telah menjual produk Anda di tingkat nasional (atau hanya di tingkat lokal)?
8. Apakah staf Anda memiliki pengalaman terkait dengan pasar ekspor? Tentang kopi yang hendak Anda ekspor?
About the coffee you want to export
9. Apakah kopi Anda memiliki keunggulan (kualitas, harga, keunikan ) dibandingkan yang lain?
10. Apakah Anda telah menyesuaikan kemasan, pelabelan dan/atau bahan-bahan promosi Anda untuk pasar tujuan Anda? Atau apakah Anda dapat melakukannya?
11. Apakah Anda telah melakukan riset untuk pasar tujuan potensial Anda?
11. Apakah bahan-bahan promosi Anda tersedia dalam Bahasa Inggris?
12. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan jasa perwakilan penjualan, distributor, agen, atau broker
13. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan jasa ekspedisi muatan (freight forwarder) atau pengusaha pengurusan jasa kepabeanan?